Subscribe

Rabu, 06 Mei 2009

Suntik KB Pria Diperkenalkan 2003


Selasa, 17 Sep 2002 12:31:27


Pdpersi, Jakarta - Fakultas Kedokteran UI (Jakarta) dan Unsri (Palembang) saat ini tengah melakukan penelitian alat suntik KB bagi pria dan diharapkan pada tahun 2003 sudah mulai bisa digunakan.

Alat suntik KB bagi pria ini disuntikkan pada alat kelamin pria dan obatnya dapat bertahan selama sekitar dua bulan dengan menjadikan sperma tidak subur. KB suntik ini juga dijamin 100% tidak akan mengurangi kejantanan.

Menurut data Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), kesadaran pria Indonesia untuk memakai alat kontrasepsi masih sangat rendah. Dari 25 juta pasangan aktif pemakai KB yang ada saat ini, baru 1,17% diantaranya yang mengandalkan pihak pria sebagai pemakai KB aktif, sisanya masih didominasi wanita.

Jadi, total pria Indonesia yang memakai KB baru mencapai 24.052 orang. Itu pun masih didominasi oleh pemakaian kondom.

Saat ini pasangan usia subur di Indonesia mencapai 40 juta. Dan baru 25,5 juta diantaranya yang menjadi pasangan KB aktif, 63,2 % masih didominasi kalangan wanita.

Dari pasangan yang menggunakan KB aktif itu, 41,1% menggunakan alat suntik, 27,5% menggunakan pil, 15,4% memakai spiral. Sedangkan mereka yang menggunakan susuk atau inplan sebesar 9,8% dan sisanya dengan KB mandiri atau KB kalender sebesar 4,5%.

KB tetap diperlukan dalam 10-20 tahun mendatang untuk mengendalikan jumlah penduduk agar tetap seimbang dengan pertimbangan seperti sekarang dimana tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 1,4 persen per tahun atau setiap keluarga memiliki dua orang anak.(iis)




from : pusdiknakes.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar