Subscribe

Rabu, 06 Mei 2009

Susui bayi anda dan jantungnya pun sehat


Diambil dari Detik.com 7 November 2007

Berbahagialah para ibu yang menyusui bayinya karena apa yang Anda lakukan benar-benar memberikan manfaat besar bagi kesehatan buah hati Anda. Dan kini daftar keunggulan Air Susu Ibu (ASI) terus bertambah panjang.
Hasil penelitian terbaru mengungkapkan, memberikan ASI berarti bayi Anda akan memiliki jantung yang lebih sehat nantinya. Demikian seperti diberitakan Sydney Morning Herald, Rabu (7/11/2007).
Berbagai hasil studi sebelumnya menunjukkan, bayi-bayi yang diberi ASI mendapat lebih banyak manfaat kesehatan dibanding bayi-bayi yang diberi susu formula. Manfaat itu mencakup lebih sedikit masalah pencernaan, infeksi kuping, perut ataupun usus, penyakit kulit dan alergi, serta lebih sedikit kemungkinan mengalami tekanan darah tinggi, diabetes dan obesitas.
Dan kini, studi yang dipresentasikan dalam pertemuan Asosiasi Jantung Amerika memberikan fakta baru mengenai pentingnya ASI. Ternyata bayi-bayi yang diberi ASI memiliki level kolesterol ‘baik’ HDL yang lebih tinggi dibanding bayi yang mendapat susu formula ketika dewasa nanti. Level kolesterol HDL merupakan salah satu faktor penting risiko penyakit jantung.
Studi ini meneliti 962 orang yang rata-rata berusia 41 tahun. Mereka diikutkan dalam Studi Jantung Framingham yang berpusat di Framingham, Massachusetts, AS. Mereka yang sewaktu bayi diberi ASI, 55 persen lebih mungkin memiliki level kolesterol high-density lipoprotein atau HDL yang tinggi.

Level HDL yang lebih tinggi dianggap sebagai perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar